Tiang Lampu Jalan

Tiang PJU Bulat
Tiang PJU Bulat
Tiang PJU Bulat
Tiang PJU Oktagonal
Tiang PJU Oktagonal



Tiang Lampu Jalan (Tiang PJU) terbagi menjadi 3 (tiga) model, yaitu:


1. Tiang Lampu Jalan Oktagonal Meruncing (Tapered Octagonal Pole)


Tiang lampu jalan oktagonal memiliki berbagai kegunaan dari oval olahraga perkembangan industri, dari serendah 5 meter sampai setinggi 35 meter. Oleh karena berbagai kegunaan & kemudahan dalam proses instalasinya, maka tiang lampu oktagonal juga dikenal sebagai tiang general-purpose.

Tiang oktagonal meruncing cocok untuk proyek-proyek lampu sorot yang memerlukan peralatan kontrol lampu hidrolik (motorized) yang harus diinstalasi di dalam badan tiang, karena diameter yang lebih besar di posisi bawah tiang.



2. Tiang Lampu Jalan Bulat Meruncing (Tapered Round Pole)


Bentuk tiang bulat meruncing tsb sangat mirip dengan tiang oktagonal meruncing yakni pada model meruncingnya, tetapi bentuk badan tiang tsb tidak bersisi poligonal. Tiang ini memberikan penampilan arsitektur yang modern dan bergaya bila diterapkan pada lingkungan pusat komersial seperti area mal dan perkantoran. Tiang bulat meruncing dapat diproduksi hingga ketinggian standar 15 meter. Tiang menampilkan bentuk dan dapat menambah daya tarik.



3. Tiang Lampu Jalan Bulat Simetris (Round Pole)


Tiang lampu PJU bulat berbahan pipa merupakan model tiang yang paling awal diproduksi (desain klasik). Kesan arsitektur tiang tsb cenderung ramping dan sederhana. Tiang lampu PJU  bulat berkisar dari serendah 3 meter hingga ketinggian standar 9 meter. Jika diperlukan mereka dapat dirancang untuk beberapa ketinggian yang lebih tinggi.

Tiang PJU Bulat diproduksi dari bahan baku pipa baja seamless jenis stk, medium maupun schedule. Penentuan jenis pipa yang akan digunakan bergantung pada permintaan, fungsi dan tinggi tiang yang akan diproduksi. Semakin tinggi dan berat beban asesoris maupun braket yang ditopang tiang, maka faktor wind load dan defleksi akan semakin mempengaruhi keuletan dan endurance tiang tersebut sehingga diperlukan ketepatan pemilihan jenis dan diameter pipa.

Metode penyambungan antar segmen tiang bulat adalah press botol, dimana dimana bagian ujung atas pipa direduser agar bagian bawah segmen pipa di atasnya (yang berdiameter lebih kecil) dapat masuk dan dilas keliling. Pada desain tiang berbahan pipa tersebut agar diperoleh kekokohan maksimal, maka idealnya diameter pipa yang digunakan semakin kecil untuk segmen atas.

Finishing akhir tiang akan dilapisi anti korosi untuk jangka maksimal berupa lapisan hot dip galvanized dengan ketebalan SNI dan ASTM berkisar rata-rata 76 s/d 80 mikron untuk tiang pipa dengan tebal 3 s/d 4,5 mm.


Khusus untuk Tiang Lampu Jalan tipe Tenaga Surya (PJU PLTS) komponen tambahan diantaranya: braket untuk dudukan modul surya (solar panel), jaring jeruji pengaman anti-panjat. Finishing Tiang dilapisi hot dip galvanized, tipe lengan/ cabang: parabole & T. dengan tebal plat badan tiang 3,2 MM